close
iStock-498283334
Ilustrasi: Icon SA

Assalamualaikum. Salam sejahtera,
Saya Setya 35 tahun. Saya dinyatakan HIV pada awal Maret 2017.

Saya bingung dan belum begitu banyak pengetahuan dalam hal pengobatan ARV yang harus dilakukan seumur hidup. Ditambah, saya mendengar pengobatan herbal yang bisa sembuh hanya dalam dua tahun. Banyak yang menawarkan dan menjanjikan kesembuhan setelah konsumsi herbal dan ARV.

Mungkin Rumah Cemara bisa memberi sedikit wawasan tentang hal itu.

Terima kasih dan salam silaturahmi,
Setya – Pajajaran Bandung

Jawaban

Setya yang baik,
Virus HIV berkembang dalam tubuh manusia dengan cara menggunakan sel CD4 (cluster of differentiation 4, protein di sel kekebalan tubuh atau darah putih) sebagai alat untuk memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh tubuh. HIV secara bertahap merusak sistem imun dengan menyerang dan membunuh sel CD4 yang berakibat penurunan kekebalan tubuh manusia yang terinfeksi.

Meskipun sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan HIV, namun ada beberapa jenis obat yang dapat memperlambat perkembangbiakan virus. Jenis obat ini disebut antiretroviral (ARV). Obat ARV bekerja dengan menghilangkan unsur yang dibutuhkan virus HIV untuk menggandakan diri, dan mencegah virus HIV menghancurkan sel CD4.

Prinsip pemberian ARV adalah harus menggunakan tiga jenis obat yang harus terserap dan berada dalam dosis yang sesuai dalam darah. Pemerintah Indonesia telah menetapkan panduan yang digunakan dalam pengobatan ARV berdasarkan pada lima aspek, yaitu efektivitas, efek samping/ toksisitas, interaksi obat, kepatuhan, dan harga obat.

Setya yang budiman,
Sebaiknya saat Anda terdeteksi kena HIV, segeralah konsumsi ARV agar perkembangbiakan virus HIV dapat dikendalikan. Penundaan pengobatan akan membuat virus HIV berkembang biak terus dan merusak sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan risiko menjadi AIDS.

Hak setiap orang yang telah diperiksa dan diketahui terinfeksi HIV adalah mendapatkan informasi dan konseling yang benar dan cukup tentang terapi ARV sebelum memulainya. Informasi tersebut berisi semua yang berkaitan dengan HIV, obat dan cara pengobatan, keuntungan pengobatan, efek samping obat, dukungan keluarga, dan lain-lain.

Informasi tersebut sangat penting diketahui sejak awal untuk mempertahankan kepatuhan minum ARV karena harus diminum seumur hidup.

Tanyakan dan diskusikan secara gamblang dengan konselor/ dokter/ tenaga kesehatan, bila Anda masih punya kendala dalam pemahaman ataupun terasa kurang jelas.

Setya yang baik budi,
Pengobatan alternatif mencakup banyak jenis terapi. Tujuan pengobatan alternatif di antaranya bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, memberikan rasa lebih nyaman akibat dari gejala dan efek samping obat ARV, dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Obat herbal termasuk salah satu jenis pengobatan alternatif

Langkah terbaik yang dapat dilakukan sebelum memilih pengobatan alternatif adalah dengan mengambil tindakan pencegahan sebelum mencoba sesuatu yang baru. Perlu diingat, bidang pengobatan alternatif untuk perawatan HIV sampai saat ini belum banyak diteliti sesuai standar pengobatan yang baku.

Sebelum memutuskan, bicaralah dengan dokter Anda tentang obat alternatif/ herbal yang ingin Anda coba. Perlu diketahui bahwa beberapa dokter mungkin menyangsikan karena kurangnya bukti tentang efektivitas pengobatan tersebut dan potensi efek samping yang belum diketahui serta interaksi yang akan terjadi dengan perawatan lain. Lalu, periksa besar biaya dalam pengobatan alternatif tersebut.

Terakhir, teliti tawaran terapi alternatif tersebut. Selidiki pelatihan dan pengalaman orang yang menawarkan perawatan. Bicaralah dengan orang lain yang pernah menggunakan jenis terapi yang sama.

Ingatlah bahwa jargon dan gimik “alami”, “obat ajaib”, atau “bisa mengobati berbagai macam penyakit” tidak menjamin keamanan dan kepastian. Carilah studi/ literatur/ penelitian yang mendukung klaim tersebut. Seringkali, kisah sukses pengobatan alternatif hanya didasarkan pada bukti pengalaman individu, bukan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh penelitian terkontrol dengan kelompok besar orang.

Setya yang bijaksana,
Demikian penjelasan kami tentang pemilihan antara herbal atau obat ARV.
Silakan hubungi dan kunjungi Rumah Cemara di Jl. Gegerkalong Girang No. 52 Sukasari, Bandung, untuk informasi lebih lanjut.

Hendro SpDLP

The author Hendro SpDLP

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.