close

Kehidupan Pengrajin Cap Tikus Minahasa

Di Desa Lobu Atas Kecamatan Toluaan Kabupaten Minahasa Tenggara

Book Cover: Kehidupan Pengrajin Cap Tikus Minahasa

Di Sulawesi Utara, Cap Tikus merupakan minuman berakohol hasil karya tangan manusia yang berbahan baku nira pohon enau yang disadap. Pada awalnya, Cap Tikus merupakan minuman yang lazim diminum para petani sebelum pergi berkebun. Fungsinya mengahangatkan badan ketika dalam perjalanan, dan hanya ada di Sulawesi Utara.

Seiring perkembangan jaman dan penyebaran masyarakat Sulawesi Utara ke pelosok daerah yang ada di Indonesia, Cap Tikus sudah menjadi minuman yang dapat dikonsumsi sampai ke tanah Papua. Ditunjang teknologi, Cap Tikus mempunyai peran penting bagi industri minuman berakhol yang ada di Kota Manado dengan menjadi bahan baku pembuatan minuman keras. Walaun pun bermunculan minuman berakohol lainya di Sulawesi Utara, akan tetapi tidak menurunkan eksistensi Cap Tikus di kalangan masyarakat.

Menjamurnya warung-warung kecil penjual minuman Cap Tikus, menjadikan minuman ini primadona bagi masyarakat Sulawesi Utara. Hal ini dapat dilihat dari konsumsi Cap Tikus bagi masyarakat Sulawesi Utara di setiap kesempatan baik itu acara pernikahan, ucapan syukur, kedukaan dan lain sebagainya. Pengrajin Cap Tikus yang ada di Sulawesi Utara melihat peluang yang lumayan besar khususnya para pengrajin yang ada di desa Lobu Atas Kecamatan Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara, untuk dijadikan usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Laporan penelitian lengkap

Genres:
Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.