close
Book Cover: Michael Bakunin

PERINGATAN: BUKU BAJAKAN!

Buku ini merupakan biografi dedengkot penyebaran anarkisme abad ke-19. Pemilik nama lengkap Mikhail Aleksandrovich Bakunin ini adalah agitator revolusioner Rusia terkemuka juga penulis tema politik yang produktif. Ditulis oleh sejarawan Inggris, Edward Hallett "Ted" Carr yang juga seorang diplomat, jurnalis dan ahli teori hubungan internasional, serta penentang empirisme dalam historiografi. Oleh karenanya, biografi ini dijuduli dengan nama Inggris "Michael" alih-alih "Mikhail".

Bakunin lahir pada 30 Mei 1814 di Rusia dan wafat pada 1 Juli 1876 di Swiss.

Pada 1840, ia hijrah ke Berlin, Jerman untuk menamatkan sekolah. Di sanalah, tepatnya di Dresden, Bakunin menerbitkan kredo revolusioner pertamanya dalam sebuah jurnal radikal pada 1842. Kredonya itu diakhiri dengan pepatah yang masyhur hingga kini yakni, "Semangat untuk kehancuran juga merupakan hasrat kreatif."

Bakunin menetap di Paris, tempat ia bergaul dengan Sosialis Prancis dan Jerman, termasuk Pierre-Joseph Proudhon dan Karl Marx, dan banyak imigran Polandia yang mengilhaminya untuk menggabungkan penyebab pembebasan nasional bangsa Slavia dengan revolusi sosial. Revolusi Februari 1848 di Paris memberinya pengalaman pertama akan pertempuran jalanan. Beberapa hari kemudian, ia melakukan perjalanan ke timur dengan tekad mengipasi api revolusi di Jerman dan Polandia.

Pertengkarannya dengan Karl Marx memecah sayap anarkis dan Marxis dari gerakan sosialis revolusioner selama bertahun-tahun setelah kematian mereka.

Baca biografinya

Published:
Genres:
Tags:
Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.