close
FeaturedKomunitas

Film-Film tentang Wabah Penyakit akibat Virus

ca_contagionmovie_090711gettyimages
Pemeran dr. Leonora Orantes, Marion Cotillard, di acara pemutaran perdana Contagion di New York, AS (Foto: Michael Loccisano/ Getty Images)

Merebaknya penyakit akibat virus korona membuat dunia panik. Dampaknya memang luar biasa. Orang lalu-lalang dengan masker, rumah sakit penuh pasien, pertokoan, perkantoran, dan pusat bisnis yang tutup jadi pemandangan sehari-hari. Situasi itu nyata, bukan cuplikan gambar dalam film buatan Hollywood. Pemandangan itu dapat kita lihat dalam berbagai berita yang disiarkan televisi hari ini.

Situasi yang mirip sekarang mungkin pernah kita lihat dalam adegan sejumlah film. Berikut ini kami ulas beberapa film yang bertemakan wabah penyakit. Tentu saja, film ini bergenre fiksi ilmiah dengan balutan thriller bahkan horor. Berikut daftarnya, kami sarikan dari berbagai sumber:

Contagion

Pasti kalian tahu, film ini kembali jadi perbincangan banyak orang setelah dunia dinyatakan mengalami pandemi covid-19. Ada sejumlah “kemiripan” situasi dalam film buatan tahun 2011 ini dengan merebaknya virus korona sekarang. Film ini disutradarai oleh Steven Soderbergh dan dibintangi sejumlah nama beken seperti Matt Damon, Kate Winslet, Gwyneth Paltrow, dan Jude Law.

Film diawali dengan kisah kematian Beth Emhoff, diperankan Gwyneth Paltrow, yang baru pulang berbisnis di Hongkong. Kematiannya diakibatkan sebuah virus baru yang tak dikenal. Putranya terkecilnya meninggal kemudian, namun suaminya, Mitch (Matt Damon), tampaknya kebal. Sejurus kemudian, dilaporkan infeksi yang mematikan akibat virus itu semakin menyebar.

Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (AS) berupaya mengidentifikasi virus mematikan itu. Di tengah upaya mereka, korban terus berjatuhan akibat infeksi virus ini. Saat penularan semakin mewabah ke jutaan orang di seluruh dunia, tatanan masyarakat mulai runtuh. Dunia dilanda kepanikan.

Yang juga jadi menarik, film ini cukup detail menceritakan bagaimana penelusuran (tracing) kasus pertama dilakukan, seperti melihat tayangan CCTV dan sebagainya. Agak mirip dengan pelacakan kasus-kasus awal covid-19 yang terjadi saat ini. Bagaimana selanjutnya? Silakan tonton sendiri ya, biar menarik, daripada jadi spoiler.

Outbreak

Film ini dirilis sudah cukup lama yakni 1995, jauh sebelum merebaknya covid-19. Virus mematikan yang diceritakan dalam film ini merupakan turunan dari virus ebola yang berasal dari seekor monyet hingga menginfeksi seseorang. Infeksi virus menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru di California, AS.

Pemerintah AS pun akhirnya mengisolasi kota tersebut untuk mencegah penyebaran virus ini. Situasi ini mirip dengan lockdown yang terjadi di beberapa tempat akibat pandemi covid-19.

Sejumlah nama besar tampil dalam Outbreak seperti Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman, Kevin Spacey, hingga Donald Sutherland. Akting para bintang ini membuat Outbreak terasa nyata dalam menggambarkan situasi tegang akibat wabah penyakit dan terisolasinya satu wilayah.

The Flu

The Flu adalah film besutan sutradara Korea Selatan (Korsel), Kim Sung-su, yang rilis pada 2013. Film ini menceritakan tentang bencana akibat penyebaran virus mematikan yang menjalar lewat udara sehingga menginfeksi warga Bundang, sebuah daerah padat penduduk di wilayah ibu kota Seoul, Korsel.

Diceritakan, seorang pria meninggal akibat virus yang tidak dikenal setelah menyelundupkan imigran gelap ke negara itu. Tidak lama kemudian, gejala yang sama dialami sejumlah warga di Bundang. Orang-orang tidak berdaya melawan penyakit yang ditularkan melalui udara itu. Jumlah korban yang terinfeksi meningkat dengan cepat hingga menyebarkan kekacauan.

Film ini juga menggambarkan tindakan pencegahan dengan melakukan isolasi total wilayah itu, yang berjarak 19 kilometer dari pusat pemerintahan negara di Seoul.

Ketegangan digambarkan saat ahli spesialis penyakit menular In-hye dan Ji-goo pergi ke kota tertutup itu untuk menemukan serum darah dari kasus yang muncul pertama kali. Ini dilakukan sebagai bagian penting dari pengembangan vaksin. Keduanya seakan berlomba dengan waktu di mana puluhan korban jatuh setiap jamnya.

28 Days Later

28 Days Later berkisah tentang virus yang menyebar di London, Inggris. Virus ini berasal dari simpanse. Virus menyebar dan menginfeksi berbagai kalangan mulai dari aktivis, ilmuwan, hingga akhirnya ke seluruh kota London. Film yang dirilis pada 2002 ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Naomie Harris, dan Noah Huntley.

Dalam film, diceritakan tentang Jim (diperankan Cillian Murphy), seorang kurir, terbangun dari koma dan kebingungan dengan keadaan London yang benar-benar sepi. Saat itu adalah hari ke-28 semenjak virus menyebar. Jim bertemu Selena (Naomi Harris), dan Mark (Noah Huntley) di mana mereka mencari perlindungan dari zombi alias mayat hidup yang berkeliaran di London. Film ini memang bergenre horor fiksi ilmiah. 

Carriers

Film yang disutradari Alex dan David Pastor ini dirilis pada 2009. Aktor film Star Trek, Chris Pine menjadi bintang dalam film yang mengisahkan empat penyintas yang berjuang dari ancaman sebuah virus yang sangat mengancam jiwa.

Infeksi virus ini telah membunuh banyak orang dan membuat keempat penyintas ini harus segera pergi ke tempat lain untuk memulai hidup baru. Tetapi di tengah perjalanan, mereka harus menghadapi sekelompok orang yang menghambat perjalanan mereka. Bahkan nyawa mereka terancam oleh orang-orang itu. Mereka menyadari ternyata manusia bisa lebih jahat daripada penyakit yang ditimbulkan sebuah virus.

Itulah lima film tentang wabah penyakit akibat sebuah virus yang kami pilihkan buat kalian. Masih ada lagi sebenarnya beberapa film lain yang serupa seperti 12 Monkeys (1995), I Am Legend (2007), Deranged (2012), World War Z (2013), dan The Crazies (2010).

Mana yang sudah kalian tonton? Atau mungkin kalian tahu film lain yang menceritakan sebuah pandemi akibat virus seperti yang terjadi saat ini? Yuk berbagi info!

Tri Irwanda

The author Tri Irwanda

Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.