close
KELAMIN_SAKIT_KELUAR_NANAH_KENTAL_OBAT_KENCING_NANAH_KRONIS
Ilustrasi nanah dari kelamin

Hallo, perkenalkan nama saya Jo. Saya mempunyai keluhan di kelamin saya yang sering keluar nanah. Mulanya saya berhubungan dengan mantan saya yang sudah lama saya tidak sentuh. Nah jarak 5-6 hari kemudian, saya mulai merasa aneh saat kencing, terasa sakit parah, belum lagi keluar nanah. dan sampai sekarang pun masih seperti itu.

Setahu saya jika kepatil/ raja singa dalam waktu tiga bulan lebih akan sembuh sendiri. Namun sampai sekarang belum sembuh sembuh. Saya bingung harus gimana, mau ke dokter malu, mau ngomong ke ortu malu, dll. Mohon penjelasan dan solusi terbaiknya. Terima kasih Rumah Cemara.

Jawaban

Halo Jo,

Infeksi menular seksual adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, disebabkan oleh virus maupun kuman. Gejala atau tanda-tandanya bisa berupa:

  1. Benjolan, luka, atau kutil di dekat mulut, anus, penis, atau vagina;
  2. Bengkak atau kemerahan dekat alat kelamin;
  3. Kemerahan pada kulit;
  4. Nyeri saat buang air kecil;
  5. Sakit, nyeri, demam, dan menggigil. Menguningnya kulit (jaundice);
  6. Keluar nanah dari penis atau vagina;
  7. Keputihan dengan aroma yang tak sedap;
  8. Perdarahan dalam vagina di luar masa haid;
  9. Rasa nyeri saat berhubungan seks;
  10. Gatal parah dekat penis atau vagina;
  11. Panas badan yang tidak diketahui sebabnya disertai berat badan berkurang, mencet, berkeringat di malam hari.

Keluhan atau gejala tersebut bergantung pada jenis virus dan kuman yang menjangkiti tubuh. 

Dengan keluhan yang diderita Jo, sebaiknya periksakan ke dokter. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter ditambah pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lendir/ nanah dari penis, petugas medis sangat mungkin menentukan jenis pengobatan yang Jo butuhkan.

Raja singa adalah sebutan awam untuk penyakit sifilis yang disebabkan oleh treponema pallidum. Pada perkembangannya secara medis dibagi menjadi empat tahap perkembangan mulai dari tanpa gejala atau keluhan sampai pada komplikasi di organ tubuh yang lain.

Sedangkan kepatil adalah istilah yang biasa digunakan oleh sebagian orang bila menderita infeksi menular seksual, apapun penyebabnya. 

Menanti dan menunggu infeksi menular seksual yang diderita sembuh sendiri dapat berakibat lebih jauh atau menjalar pada organ lain di tubuh Jo.

Semoga jawaban ini membantu!


Hendro SpDLP

The author Hendro SpDLP

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.