close
narkoba-digital-dan-layananannya
Foto : Rumah Cemara

WAKTU BACA: 4 menit

NARKOBA DIGITAL & Layanannya (selanjutnya disebut Narkoba Digital &L) adalah aplikasi ponsel pencarian layanan untuk mengatasi persoalan konsumsi narkoba dan penyertanya seperti infeksi HIV atau Hepatitis C, krisis kepercayaan dari lingkungan bahkan keluarga, serta kehilangan dukungan untuk menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan produktif baik secara sosial, kesehatan, maupun finansial.

Selain nama serta alamat dan nomor telepon layanan medis maupun psikososial untuk mengatasi persoalan konsumsinya, aplikasi digital Rumah Cemara ini juga dirancang untuk menunjukkan tempat-tempat di mana seseorang dapat berpartisipasi memulihkan diri dari ketergantungan konsumsi narkoba secara medis dan psikososial.

NARKOBA DIGITAL &L akan menunjukkan kepada Anda, yang sedang mengalami persoalan narkoba dan penyakit-penyakit penyertanya, tempat-tempat mendapatkan layanan medis serta dukungan psikososial (persaudaraan atau dukungan sesama) untuk saling berbagi pengalaman menjaga serta melindungi aspek kesehatan, sosial, serta finansial yang mungkin saja terjadi saat mengonsumsi narkoba ilegal.

Sejumlah tempat layanan yang akan ditunjukkan oleh NARKOBA DIGITAL &L akan mendukung produktivitas seorang konsumen sehingga tidak perlu memperoleh narkoba di jalanan yang mutu dan harganya yang sangat tidak terjamin, juga ketersediaannya yang kerap membuat konsumen membuang-buang waktunya demi memperoleh narkoba ilegal.

Per April 2017, kami menyediakan fasilitas pencarian untuk jenis pencarian layanan narkoba dan HIV-AIDS. Untuk jenis layanan narkoba, NARKOBA DIGITAL &L menyediakan penggunanya:

  • Layanan Alat Suntik Steril (LASS). Yaitu penyediaan peralatan suntik steril untuk mengonsumsi narkoba. Tujuannya adalah agar setiap penyuntikan narkoba menggunaan alat suntik steril sehingga tidak menularkan HIV dan hepatitis C;
  • Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM). Yaitu penyediaan metadon cair yang diminum untuk menggantikan konsumsi heroin yang biasanya disuntikkan. Dosis metadon diberikan berdasarkan pemeriksaan fisik dan psikologis seseorang yang berulang kali gagal mengikuti program yang mensyaratkan berhenti total dari konsumsi opioid (heroin, kodein, morfin). Dosis metadon dirumat (maintained) untuk jangka waktu yang panjang hingga seumur hidup. Program ini ditujukan untuk mengubah latar konsumsi narkoba dari jalanan ke layanan kesehatan. Dengan demikian konsumen opiat dapat produktif karena tidak perlu berurusan dengan narkoba illegal yang diedarkan di jalanan;
  • Terapi Medis untuk Ketergantungan Narkoba. Adalah layanan yang ditujukan untuk mengatasi masalah ketergantungan narkoba dengan menggunakan obat-obatan (medis/ farmakoterapi). Dosis obat diberikan berdasarkan pemeriksaan fisik dan psikologis berkisar dari yang bertujuan untuk abstinensia (tidak mengonsumsi lagi sama sekali, berpantang) hingga substitusi atau mengganti jenis narkobanya dengan yang memiliki risiko lebih rendah baik dari ancaman hukuman pidananya, tingkat ketergantungan, serta risiko sosial ekonomi lainnya;
  • Terapi Psikososial untuk Ketergantungan Narkoba. Yaitu layanan untuk mengatasi masalah ketergantungan narkoba tanpa menggunakan obat-obatan. Biasanya dengan konseling atau kelompok dukungan sebaya (komunitas terapeutik atau kelompok bantu diri [NA, AA]), namun ada juga yang menggunakan tenaga profesional seperti psikolog, pekerja sosial, dll.
Baca juga:  Rilis Pers LBH Masyarakat - Putusan Fidelis: Semoga Hukum Bertemu Kemanusiaan

Untuk jenis layanan HIV-AIDS, NARKOBA DIGITAL &L menyediakan penggunanya jenis pencarian layanan:

  • Tes HIV. Yaitu uji laboratorium dengan atau tanpa konseling untuk memeriksa apakah seseorang terinfeksi/tertular HIV. Yang diuji biasanya adalah darah, walaupun ada beberapa tes yang menggunakan jaringan mukosa;
  • Terapi ARV. Adalah layanan pengobatan untuk menghambat perkembangbiakan virus HIV seseorang menggunakan obat antiretroviral (ARV);
  • Terapi Psikososial untuk Orang dengan HIV-AIDS. Adalah terapi yang ditujukan untuk mengatasi ketidaknyamanan psikologis dan pengucilan akibat penularan HIV tanpa obat-obatan. Biasanya dengan konseling atau kelompok dukungan sebaya (sesama pengidap HIV) walaupun sejumlah profesional juga menyediakan layanan ini seperti psikolog, guru, rohaniawan, dll.

Saat ini NARKOBA DIGITAL &L baru mencakup ketujuh layanan tersebut di 5 kota Provinsi DKI Jakarta; Surabaya; 8 kab/kota Provinsi Bali; dan 16 kab/kota Provinsi Jawa Barat. Pasca peluncuran dan uji coba aplikasi mobile ini, kami berkomitmen untuk meningkatkan cakupan sehingga semua masyarakat yang membutuhkan dapat memanfaatkan aplikasi yang dikembangan Rumah Cemara ini.

Download disini untuk iPhone

Download disini untuk Android

Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.