close
Pelatihan-Jurnalisme-Warga

Kemajuan dunia digital turut mengembangkan media sebagai sumber informasi masyarakat. Bila dahulu, berbagai kabar hanya berasal dari media arus utama seperti koran, televisi, atau radio, kini media sosial banyak dimanfaatkan untuk mengetahui informasi aktual di berbagai belahan dunia secara digital. Bahkan tak jarang, media arus utama memanfaatkan rekaman video yang diunggah warga atau topik yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial sebagai sumber beritanya.

Bidang penanggulangan AIDS tak terlepas dari kemajuan tersebut. Saat ini, sejumlah pegiat juga memanfaatkan web pribadi dan media sosial untuk menyebarluaskan informasi seputar penanggulangan HIV-AIDS.

Rumah Cemara, sebagai organisasi yang memimpikan Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV, sangat berkepentingan untuk memanfaatkan perkembangan bentuk jurnalisme ini. Sehubungan dengan itu, sebuah pelatihan mengenai jurnalisme warga dalam konteks penanggulangan AIDS akan diselenggarakan di tiga wilayah Indonesia, yaitu:

Indonesia Barat, 10-13 Juli 2018

Indonesia Tengah, 24-27 Juli 2018

Indonesia Timur, 7-10 Agustus 2018

Pelatihan akan difasilitasi oleh Rumah Cemara, Aliansi Jurnalis Independen Bandung, dan EngageMedia yang akan membahas penanggulangan AIDS terkini, peran komunitas, jurnalisme, perkembangan media serta melatih ketrampilan jurnalistik, penggunaan media, dan videografi.

Mengingat keterbatasan tempat, Rumah Cemara akan menyeleksi peserta pelatihan. Calon peserta diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran dan kuesioner seleksi hingga batas akhir Minggu, 11 Juni 2018 di tautan ini: Formulir Pendaftaran dan Kuesioner Seleksi

 

Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.