close
FeaturedKegiatan

Latihan Perdana Timnas Homeless World Cup Indonesia Setiba di Cardiff, Inggris

latihan hwc
Suasana latihan pertama di Cardiff City (Foto: Eric Arfianto)

Rumah Cemara, Cardiff City (26 Juli 2019) – Timnas Indonesia untuk Homeless World Cup (HWC) telah tiba di bandara internasional Cardiff, Kamis (24/7/2019), pukul 8 pagi waktu setempat. Tim dijemput sebuah bus yang disediakan panitia menuju tempat menginap di Cardiff University, dengan waktu tempuh setengah jam. Cuaca cukup bersahabat, dengan suhu udara sedikit mirip Bandung, sekitar 20 derajat celcius.

Ajang Homeless World Cup (HWC) kembali digelar. Tahun ini, HWC berlangsung di Cardiff City, Inggris. Sepanjang gelaran ini, Rumah Cemara akan menyampaikan laporan pada teman-teman semua secara berkala. Langsung dari Cardiff City. – Redaksi

Setelah melakukan registrasi, tim dipersilakan menggunakan fasilitas menginap berupa flat tepat di seberang halaman lapangan bola kampus. Menempati ruangan masing-masing, hal pertama yang saya dan tim lakukan adalah mencari koneksi Internet. Ya, kami ingin menghubungi sanak saudara di tanah air. Agak sulit memang mencari koneksi internet karena wifi kampus hanya bisa diakses jika mempunyai nomer lokal. Dengan segala cara akhirnya sambungan internet kami peroleh dengan cara tethering, setelah meminjam sementara nomer telepon panitia.

Seketika suasana terasa gembira. Semuanya bisa menghubungi keluarga dan kerabat di tanah air. Sebagian anggota tim terlihat melakukan video call di depan flat penginapan. Suara tawa terdengar membuat riuh suasana.

Posisi menginap yang dekat pintu masuk kampus, membuat kami sering bertemu dengan tim dari negara lain. Mereka melewati tempat kami. Kami selalu menyapa semua orang yang lewat dengan salam. Tidak ragu, kami peluk mereka sambil bertegur sapa mengenalkan diri. Ya, kami bangga sebagai orang Indonesia dan ingin menunjukkan keramahan pada semua orang.

Tim melakukan persiapan. Salah satunya latihan (Foto: Eric Arfianto)

Untuk menghilangkan jet lag setelah menempuh penerbangan ribuan kilometer, pelatih Albert Rudiana dan manajer tim Gina Afriani memutuskan agar tidak ada anggota tim yang tidur.

“Kita akan berlatih nanti sore,” ujar Albert tegas. Timnas HWC mendapat jatah waktu memakai lapangan pukul 5 sore sesuai antrean.

Pada awal latihan anggota tim terlihat turun performanya karena masih kelelahan, namun dalam tempo singkat, tim dapat kembali meningkatkan kualitas permainannya. Pelatih Albert Rudiana dan asisten pelatih Bogiem Sofyan terus menyemangati mereka.

“Ingat sekarang kalian membawa nama negara,” teriak Bogiem seraya menunjukkan lambang negara Garuda Pancasila yang tertera pada seragam mereka.

Masih ada waktu dua hari menjelang ajang besar HWC ini. Kami, Timnas Indonesia untuk HWC 2019 siap menghadapi negara lain dengan tampil maksimal. Cadu mundur pantang mulang!

Eric Arfianto

The author Eric Arfianto

Penggiat internet, web master, old doggies skateboarder, hobi musik dan film horor.

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.