close
« Back to Glossary Index

Tanggal peringatan. Hari AIDS Sedunia yang diperingati tiap 1 Desember.

Riwayat: Peringatan Hari AIDS Sedunia digagas pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, keduanya adalah pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global WHO yang bermarkas di Jenewa, Swiss. Gagasan kedua pejabat ini disampaikan kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global yang kini dikenal sebagai UNAIDS. Mann menyukai dan sepakat dengan konsepnya. Ia pun merekomendasikan peringatan pertamanya dilakukan pada 1 Desember 1988, diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penularan HIV.

Konsepnya digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan sedunia mengenai program-program untuk pencegahan AIDS pada 1988. Sejak saat itu,  pemerintah, organisasi internasional, dan yayasan amal di seluruh dunia memperingati Hari AIDS Sedunia tiap 1 Desember.

Untuk memastikan melimpahnya liputan media berita Barat yang penting untuk keberhasilan peringatan ini, Bunn, yang pernah bekerja sebagai reporter PIX-TV di San Francisco, California, menyarankan 1 Desember 1988. Tanggal, bulan, dan tahun sangatlah diperhitungkan karena tahun itu Amerika Serikat menyelenggarakan pemilihan presiden pada 8 November. 

Bunn dan Netter memperkirakan pada tanggal itu media sudah kehabisan materi liputan pascapemilu tinggal menunggu libur Natal. Tentu awak media akan bersemangat mencari cerita baru untuk mereka liput, karena pada dasarnya, tanggal itu adalah tanggal mati dalam kalender berita dan dengan demikian waktu yang tepat untuk Hari AIDS Sedunia.  

 

« Back to Glossary Index
Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara