close

Tentang Kami

Beroperasi secara resmi di hari pertama tahun 2003, Rumah Cemara menyajikan program pelayanan bagi orang-orang yang bermasalah dengan konsumsi narkoba.

Para pendiri sekaligus pekerja program di Rumah Cemara belajar, bahwa satu pendekatan tidak mungkin cocok bagi semua orang. Karenanya, sebagai sebaya konsumen narkoba dan orang dengan HIV, kami senantiasa menerapkan berbagai pendekatan yang memungkinkan kami untuk tumbuh berkembang serta berguna bagi masyarakat.

Maraknya penularan HIV dan hepatitis C di kalangan konsumen narkoba merupakan tantangan bagi Rumah Cemara untuk menerapkan pendekatan berbeda dari yang biasa dilakukan sebuah komunitas pemulihan ketergantungan narkoba. Selalu memakai alat suntik steril atau memilih konsumsi yang lebih terjamin mutunya di layanan kesehatan telah terbukti mampu mencegah penularan kedua virus darah tersebut tanpa harus mengurangi konsumsi narkoba.

Cap buruk (stigma) yang melekat pada konsumsi narkoba maupun orang-orang dengan HIV mempersulit identifikasi kelompok yang menjadi sasaran program. Tidak hanya membuat Rumah Cemara kesulitan memperoleh calon penerima manfaat layanannya, stigma juga menjauhkan mereka dari berbagai layanan publik yang sangat dibutuhkan.

Belum lagi, tidak semua yang membutuhkan program dukungan memiliki kemampuan finansial untuk membayar jasa pelayanan yang disediakan Rumah Cemara.  

Tantangan semakin kompleks saat kebanyakan penerima layanan kembali bermasalah dengan konsumsi narkobanya dan harus berurusan dengan penegakan hukum.

Segenap persoalan yang dihadapi para penerima manfaat tentu tidak bisa diatasi oleh Rumah Cemara sendiri sebagai organisasi nonpemerintah. Negaralah yang dengan skala luas mampu mengatasi masalah-masalah tersebut. Konsumsi narkoba yang bermasalah, penularan virus darah, kemiskinan struktural, serta stigma dan diskriminasi hanya bisa diselesaikan secara sistematis melalui kebijakan, perangkat kerja, dan sumber daya negara.

Dalam perjalanan sejarahnya, Rumah Cemara menempatkan diri sebagai organisasi komunitas yang berjuang menghapus stigma terhadap konsumsi narkoba dan orang-orang dengan HIV. Dengan menyebarluaskan informasi sesuai bukti-bukti ilmiah, Rumah Cemara sekaligus turut menggalang dukungan publik dalam perumusan kebijakan yang objektif dalam hal konsumsi narkoba dan pelayanan bagi orang-orang dengan HIV.

Demi menggapai cita-cita tersebut, kami menyadari perlunya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat yang tersebar di tingkat lokal, nasional, hingga global. Upaya-upaya kerja sama tidak melulu dilakukan dengan organisasi sejenis. Inklusivitas dibutuhkan demi memperoleh dukungan dan penyebarluasan isu ke jaringan yang lebih luas.

Siapa Kami

Aditia Taslim - Direktur

Lahir di Bandung, 15 September 1984, Adit atau lebih dikenal dengan nama Adit Taslim atau Adit Gimbal (sekarang sudah tidak memiliki rambut gimbal) pertama kali bergabung dengan Rumah Cemara sebagai sukarelawan di divisi perawatan Napza pada bulan Desember 2004. Adit selama 8 tahun terakhir, bekerja paruh waktu sebagai Grant Manager dan juga merupakan seorang guru Bahasa Inggris disebuah lembaga kursus ternama si kota Bandung. Sejak Agustus 2017, Adit Taslim diangkat menjadi Direktur Eksekutif Rumah Cemara. Adit juga merupakan salah satu penggagas program Sports for Development di Rumah Cemara terutama sepakbola.

Ardhany Suryadarma - Manajer Program

Ardhany-Suryadarma2Biasa dipanggil Achiel. Menjadi volunteer untuk program harmreduction di lapas sejak 2004 dan menjalankan program tersebut sebagai petugas outreach. Sering berkicau di @ChielRC

Asep Nurjaman – Staf Administrasi dan Keuangan

Asep-Nurjaman2Mulai bergabung di Rumah Cemara pada Mei 2015. Suka olahraga terutama bola voli dan badminton. Hobi travelling. Beberapa wilayah di Sumatera sudah dikunjungi… Travelling ke luar negeri, tunggu saja!!!!

D B – Pendiri

blank-rc-avatar2Saat ini bekerja sebagai jaksa, profesi yang ditekuninya sejak 2004. Mengikuti program rehabilitasi ketergantungan obat-obatan di Cinere-Depok, Jawa Barat pada 2000, tempatnya bertemu dengan dua pendiri Rumah Cemara lain.

Eric Arfianto - Webmaster

eric-arfianto2Web master di Rumah Cemara sejak 2016. Menyukai musik, skateboarding, dan film horror. Bergabung sesuai dengan keinginannya untuk membantu membentuk generasi muda Indonesia yang lebih baik.

Ginan Koesmayadi – Pendiri

ginanVokalis Jeruji, grup musik cadas bawah tanah Bandung. Pada 2011, menepati nazarnya berjalan kaki dari Bandung ke Jakarta atas tercapainya jumlah uang yang dikumpulkan Rumah Cemara untuk bisa memberangkatkan tim sepak bola jalanan ke sebuah kejuaraan dunia.

Hartanto Emka – Pendiri

blank-rc-avatar2Berwira usaha sejak menamatkan kuliahnya pada 2002. Konsultan di Jagonya Printing, sebuah usaha percetakan yang digeluti beberapa peserta program dukungan sebaya orang dengan HIV/AIDS dan pemulihan ketergantungan NAPZA Rumah Cemara.

Ikbal Rahman – Pendiri

ikbal-rahmanKonselor untuk pemulihan ketergantungan obat-obatan, profesi yang diminatinya sejak berada dalam pusat rehabilitasi. Sejak 2012 menjadi konsultan program di Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat. Direktur Rumah Cemara periode 2005-2014.

Indra Simorangkir - Ketua Layanan Komunitas

indraMenyukai musik dan olahraga dan masih terus berproses menjadi lebih baik sampai hari ini. God bless you all!

Patri Handoyo – Pendiri, Pengasuh Media & Data

patri-handoyo2Pencinta kopi. Menekuni kesenian selama hayat masih dikandung badan. Rekanan peneliti di sejumlah lembaga kajian serta kontributor di beberapa kelompok advokasi dan pendidikan alternatif.

Ridwan Natakusuma – Koordinator Personalia, Administrasi, dan Keuangan

ridwanBergabung di Rumah Cemara sejak Desember 2010 untuk Bagian Keuangan sampai dengan sekarang. Lulusan S1 Universitas Widyatama, blasteran Tionghoa-Sunda. Suka memasak dan murah senyum. Hobi olahraga dan nonton film. Cita-cita: chef

Rin Aulia – Staf Administrasi dan Keuangan

rin-auliaLahir 26 Desember 1994. Rin yang biasa disapa Ii mulai bergabung di Rumah Cemara pada 2014. Menyukai film horor dan komedi, serta film dan drama Korea. Saat ini sedang menekuni olahraga tinju di sasana Rumah Cemara Boxing Camp sejak awal 2016.

Tri Irwanda M – Konsultan Media & Data

urang-3Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Febrin Hikmawan – Manajer Mobilisasi Sumber Daya

urang-3Lulus Kuliah 2004. Sempat berkarir di dunia TV sejak 2005. Bermasalah dengan adiksi. Masuk rehab RC atas inisiatif sendiri di 2011 – beres di 2012. Volunteer di 2012 – 2013. Kerja lagi di dunia profesional kurang lebih 3 tahun sebelum kembali bekerja Full time di RC sejak Januari 2017. RC membuat saya bisa menjadi lebih berkembang dan mengaktualisasikan diri apa adanya. Aktif di IG : bi2n. Salam Enjoy !

Prima Prakasa - Staff Media dan Data

Orang rumahan, tidak suka keramaian, dan pendiam. Bergabung di Rumah Cemara pada 2016 sebagai tenaga paruh waktu untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan teknologi informasi.

 

Hubungi Kami

Nama *

Email *

Telepon

Tanggal lahir

Jenis kelamin

Kota

Subyek *

Isi Pesan *

[recaptcha]

Sekretariat: Jl. Gegerkalong Girang No. 52 Sukasari, Bandung [lihat peta]

Tel.: +62 22 201 1550 | Email: admin@rumahcemara.or.id