close
FeaturedLayanan

Peta Dekriminalisasi Narkoba Sedunia

Untitled

WAKTU BACA: 2 menit

Pemidanaan konsumen narkoba telah menambah tantangan persoalan narkoba dan memperburuk derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Di seluruh dunia, semakin banyak negara yang tidak lagi menghukum kepemilikan narkoba untuk konsumsi pribadi. Di antaranya bahkan memperluas hingga penanaman ganja atau berbagi zat yang tidak mendatangkan laba.

Peta interaktif ini dikembangkan atas dasar kemitraan antara Release, International Drug Policy Consortium, dan Accountability International. Silakan klik gambar peta dunia di bawah untuk menggunakan peta secara interaktif di situs Talking Drugs. Lembaga-lembaga tersebut merupakan mitra kerja Rumah Cemara untuk advokasi kebijakan narkoba.

Dalam konteks kebijakan narkoba, ‘dekriminalisasi’ mengacu pada penghapusan hukuman pidana untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan konsumsi narkoba. Ada yang mengganti hukuman pidana dengan sanksi sipil seperti kerja sosial, sementara dalam sistem lain tidak menerapkan hukuman sama sekali.

Dengan perbedaan dan tingkat efektivitas yang signifikan, 30 negara telah menerapkan beberapa bentuk dekriminalisasi. Peta interaktif ini memberikan gambaran umum perbedaan tersebut, menyajikan wawasan mengenai kebijakan dekriminalisasi, serta implementasi dan dampaknya.

Meskipun masuk dalam peta dekriminalisasi, faktanya kerangka kerja negara-negara seperti Meksiko dan Rusia tidaklah efektif. Rinciannya bisa dilihat di profil tiap negara. Penghapusan semua hukuman, ketersediaan dan kemudahan memperoleh informasi, layanan kesehatan serta sosial dalam mengurangi dampak buruk konsumsi narkoba berdasarkan bukti-bukti juga pemenuhan HAM atas dasar kesukarelaan jadi standar terbaik.

Peta ini akan diperbarui secara berkala. Jika Anda memiliki komentar atau umpan balik, silakan hubungi kami atau langsung menghubungi Release.

Baca juga:  Indonesia Satu Grup dengan Finalis Piala Dunia 2018

Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

1 Comment

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.