close
dec1-2017-ASN-iStock-MS-BloodTest_640
Ilustrasi Pemeriksaan Darah di Laboratorium (Foto: Lab Manager Magazine)

WAKTU BACA: 3 menit

Selamat dan salam saya haturkan pada Rumah Cemara dan seluruh jajarannya,

Nama saya Tommy. Saya tinggal di Jogja. Walaupun demikian, saya punya sahabat di daerah Cijerah, Bandung.

Ini adalah salah satu pertanyaan yang diajukan melalui media sosial dan email Rumah Cemara. Nama sengaja kami samarkan untuk melindungi identitas penanya. Para pembaca yang memiliki pertanyaan, silakan ajukan melalui email: [email protected] atau private message FB: rumahcemara.or.id, Twitter: @RumahCemara, dan Instagram: @rumah_cemara. Akan ada kejutan dari Rumah Cemara bagi yang pertanyaannya dimuat di sini!

Beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan sahabat saya itu. Belakangan ini, dia susah tidur karena selalu teringat perilaku seksnya saat di Jogja dulu. Waktu di Jogja, saya memang beberapa kali menemani dia ke tempat pelacuran. Dari sana, dia selalu berpikir kalau dia ketularan HIV dan penyakit kelamin.

Sebagai sahabat, saya ingin membantu dia. Saya pernah menyarankan supaya dia diperiksa, tapi saya sendiri tidak tahu daerah Bandung. Dan karena sahabat saya itu juga baru beberapa bulan pindah ke sana, dia juga belum mengenal Bandung.

Perlu Rumah Cemara ketahui, kalau sahabat saya itu sangat pemalu. Di samping itu, dia juga ingin menjaga nama orang tuanya yang baru diangkat sebagai pejabat di sebuah jawatan.

Melalui surat ini, saya ingin tahu, di mana bisa tes HIV di Bandung? Lalu, berapa biayanya?

Baca juga:  Setelah Ganja, Kini Warga Denver, AS Boleh Konsumsi Magic Mushroom

Sekian dan terima kasih,

Tommy

Jawaban

Rekan Tommy yang baik,

Apa yang ingin Anda lakukan untuk sahabat Anda sangatlah terpuji. Saya berharap Rekan Tommy nanti juga bisa mengarahkannya supaya mendapat informasi dan dukungan yang tepat untuk mengantisipasi kalau hasil tesnya positif. Tapi semoga dia baik-baik saja.

Mengenai tempat tes HIV, hampir semua laboratorium kesehatan bisa melakukannya. Bahkan, kalau mau, sahabat Rekan Tommy juga bisa melakukan sendiri di rumah. Alat tes HIV saat ini bisa dibeli secara online. Harganya mulai dari Rp35.000.

Tes HIV mandiri ini membantu orang-orang seperti sahabat Rekan Tommy yang pemalu dan sangat memperhatikan privasi. Melakukan tes dengan alat yang didapat secara online tentu sangat menjamin kerahasiaan identitas.

Persoalannya adalah, kalau memang hasilnya postif, lalu bagaimana?

Ada baiknya sebelum melakukan tes, sahabat Anda mengetahui dulu layanan HIV apa saja yang bisa di dapat di daerah tempat tinggalnya. Informasi mengenai tes HIV sudah pernah kami sampaikan di sini. Tertular HIV bukan kiamat. Ada pengobatan antiretroviral (ARV) yang menekan perkembangbiakan virus sehingga pasien HIV bisa tetap sehat. Di Bandung, ada ratusan orang yang mengonsumsi ARV. Sebagian di antaranya sudah belasan tahun hidup dengan HIV dan terus mengikuti terapi ini.

Di Bandung, tes HIV dan layanan terkait lainnya juga bisa didapat di:

Baca juga:  Revision of The Book of Penal Code, the Beginning of Dark Age in the AIDS Response in Indonesia

Klinik Teratai RS Hasan Sadikin Jl. Pasteur No. 38. Tel.: 70787946;

Klinik Mawar PKBI Jl. Pasirkaliki No. 26. Tel.: 4239603;

Puskesmas Kopo Jl. Kopo No. 369. Tel.: 70722596;

Puskesmas Pasundan Jl. Pasundan No. 89. Tel.: 4214192

Biaya tes HIV di tempat-tempat layanan tersebut sesuai retribusinya, berkisar Rp15.000 sampai Rp45.000.

Semoga jawaban ini bisa membantu sahabat Anda!

Eric Arfianto

The author Eric Arfianto

Penggiat internet, web master, old doggies skateboarder, hobi musik dan film horor.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.