close
WhatsApp Image 2022-07-07 at 1.44.02 PM

Kali ini kami membahas sesuatu yang viral minggu lalu. Ya, saat seorang perempuan, Ibu Santi Warastuti curhat melalui sebuah poster bertuliskan “Tolong, Anakku Butuh Ganja Medis” di tengah keramaian acara car free day di Jakarta. Ia sedang memperjuangkan pengobatan anaknya yang menderita cerebral palsy atau lumpuh otak. Ganja diyakini mampu redakan kejang yang sering dialami buah hatinya berdasarkan berbagai literatur yang ia baca.

Penyanyi Andien Aisyah yang mengunggah fotonya bersama Bu Santi membuat peristiwa itu makin menyita perhatian publik.

Dengan amplifikasi peristiwa yang demikian, isu ganja medis tidak hanya ramai di media sosial, melainkan juga ke ruang DPR dan pemerintah. Bahkan, Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin mendorong agar MUI mengeluarkan fatwa tentang ganja medis. Ini semua rasanya tidak pernah terjadi sebelumnya. Padahal, wacana tentang ganja medis sesungguhnya telah berlangsung cukup lama. Salah satunya tentang perjuangan Fidelis Arie Suderwato yang akhirnya dihukum 8 bulan penjara pada 2017 lalu, karena menanam ganja demi mengobati istrinya.

Episode kali ini, Patri Handoyo, Prima Prakasa, dan Tri Irwanda membahas soal ini. Apa saja yang menarik diperhatikan dari peristiwa ini? Tanpa harus sotoy berlagak jadi peramal, apa kira-kira yang akan terjadi usai peristiwa ini? Yuk, simak aja tayangannya!

Tri Irwanda

The author Tri Irwanda

Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.