close
WhatsApp Image 2022-07-08 at 9.35.46 AM

Kasus HIV-AIDS pertama kali diakui ada di Indonesia pada 1987. Pada awal perkembangannya, informasi tentang penularan virus ini masih sangat terbatas. Informasi yang terbatas ini juga kerap dibumbui dengan mitos dan kekeliruan sehingga bias.

Sekarang, meski sudah lebih dari 30 tahun sejak kasus pertama HIV-AIDS itu ditemukan, banyak juga orang yang belum paham tentang HIV-AIDS. Penyebabnya, sebagian menuding karena peristilahan yang terlalu banyak, berubah-ubah, dan sulit dimengerti. Di luar itu, peristilahan yang berkaitan dengan isu HIV-AIDS pun cukup kompleks karena harus memperhitungkan sensitivitas sebuah kata. Sebuah istilah sering harus diganti karena ternyata kurang tepat. Bisa karena tidak akurat atau bisa juga karena mengandung stigma alias cap buruk yang memyudutkan sebagian kalangan.

Patri Handoyo dan Tri Irwanda ngobrolin soal itu dalam episode kali ini. Ditunggu ya, tayangannya!

Tri Irwanda

The author Tri Irwanda

Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.