close

Kebijakan NAPZA di Indonesia: Tinjauan Historis

Book Cover: Kebijakan NAPZA di Indonesia: Tinjauan Historis

Kenapa perspektif historis itu penting untuk merumuskan UU. Penggunaan apa yang disebut NAPZA berubah dari waktu ke waktu dan berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Tanpa pemahaman dan kepekaan ini seringkali kebijakan yang dibuat menjadi tidak efektif dan justru hasilnya berkebalikan dengan yang diinginkan. Kebijakan yang keliru juga bisa melahirkan masalah-masalah baru seperti diskriminasi dan pelanggaran HAM.

Analisis historis terhadap penggunaan NAPZA memperlihatkan apa yang dianggap salah juga merupakan konstruksi sosial, budaya dan kadang politik. Kenapa misalnya ganja dianggap berbahaya dan terlarang, sementara pinang yang merupakan tanaman psikoaktif tidak? Pinang oleh kalangan ahli juga dianggap sebagai mild narcotics tapi sudah digunakan sejak berabad-abad di seluruh Nusantara. Ini terlihat dari adanya istilah khusus dalam banyak bahasa: rapo (Makassar), alosi (Bugis).

Makalah lengkap

Published:
Genres:
Tags:
Patri Handoyo

The author Patri Handoyo

Pencinta makhluk hidup. Berkesenian selama hayat masih dikandung badan. Peneliti partikelir dan pelaku pendidikan alternatif.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.