Pernah dengar lembaga negara bernama Ombudsman? Lembaga ini ada di tiap provinsi dengan kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, termasuk yang dilakukan pemerintah. Ambil contoh, saat kita heran dengan pembuatan KTP yang berbelit-belit, atau saat kita kesulitan mengakses BPJS. Sebenarnya kita bisa lapor ke Ombudsman kalau penyelesaiannya dengan penyelenggara layanan tidak mencapai titik temu.
Di Kanal Indonesia Tanpa Stigma kali ini, Tri Irwanda (Rumah Cemara) berbincang dengan Dan Satriana (Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat). Mereka berbincang banyak hal soal pengaduan layanan publik. Dan dan Tri juga menyinggung soal bagaimana hak memiliki KTP bagi transpuan atau waria serta bagaimana seharusnya sistem pendidikan di republik ini tidak mendiskriminasi anak yang mengidap HIV.
Seperti apa perbincangannya? Yuk kita simak!