close
FeaturedKomunitas

Popularitas Pita Merah, Pink, Hitam, dll. dalam Gerakan Sosial

20221015_141421
Gambar Ilustrasi: @wopwopwoy

Sejak 1991, pita berwarna merah jambu atau pink mulai digunakan sebagai simbol kampanye peringatan bulan kesadaran kanker payudara. Warna merah jambu dipilih lantaran kesannya yang feminin. Tapi ternyata, ada hikayat yang panjang di baliknya.

United Breast Cancer Foundation menerangkan, penggunaan pita merupakan penanda dari rasa berduka atau berkabung. Simbol ini sudah diadopsi sejak abad ke-19.

Tempo itu, seorang perempuan akan mengenakan pita kuning untuk mengenang anggota keluarganya yang menjalani wajib militer. Selain itu, untuk alasan yang sama, sebuah keluarga menempelkan atau mengikat pita kuning di depan rumahnya.

Penggunaan pita ini menjadi kian populer pada 1979. Pada saat itu, Penny Laingen, seorang istri warga Amerika Serikat yang ditahan di Iran menempelkan pita kuning di sebuah pohon di depan rumahnya. Hal ini sebagai bentuk dukungan kepada suaminya dan tawanan asal AS lainnya.

Satu dekade kemudian, kelompok aktivis yang peduli terhadap HIV-AIDS menyematkan pita merah di bagian dada kiri sebagai simbol gerakan mereka.

Di saat yang bersamaan, seorang penyintas kanker payudara, Charlotte Hayley, memperkenalkan penggunaan pita berwarna peach sebagai simbol untuk menggungah kesadaran masyarakat mengenai kanker payudara. Pita-pita tersebut dilengkapi kartu ucapan berisi pesan,”Insitut Nasional Kanker memiliki anggaran sebesar 1,8 miliar dolar AS setiap tahun, tapi hanya lima persen yang digunakan untuk pencegahan kanker. Bantu kami menggunggah kesadaran para legislator dan masyarakat Amerika dengan menggunakan pita ini.”

Baca juga:  Buka Hasil Pemeriksaan Kematian Hendri Alfred Bakari ke Publik!

Tidak hanya itu, terinspirasi dari peta merah, Yayasan Susan G Komen juga menggunakan pita merah jambu untuk dikenakan dalam sebuah acara amal, Komen New York City Race for the Cure. Pita ini dikenakan para peserta dan pengidap serta penyintas kanker payudara.

Ide penggunaan pita merah muda ini spontan disambut oleh Editor in Chief majalah Self, Alexander Penney, dan Wakil Presiden perusahaan Estee Lauder, Evelyn Lauder. Mereka lantas membentuk Yayasan Breast Cancer Research dan menetapkan pita merah jambu sebagai simbol gerakan mereka.

Kampanye peringatan kesadaran terhadap kanker payudara pertama kali digelar pada Oktober 1986, dan pita merah jambu menjadi simbol internasional untuk kesadaran pencegahan kanker payudara pada 1991. Kemudian pada 1992, berbagai organisasi internasional mendukung kampanye ini. Oleh The New York Times pun, 1992 ditetapkan sebagai “tahun pita”.

Terranova Waksman

The author Terranova Waksman

Antropolog cum seniman partikelir

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.