close
images (2)
Gambar Ilustrasi: Lady Popular

Kali ini kami mengulas soal seniman. Bukan sembarang seniman, tapi yang kematiannya kerap dihubungkan dengan overdosis. Yang paling banyak kami tahu memang musisi, setidaknya sejak zaman Generasi Bunga (1960-an) sampai sekarang.

Ternyata kematian gegara konsumsi narkoba ini tak hanya dialami seniman muda, terlebih karena adanya Klub 27 yang merupakan pengelompokan informal berisi musisi, aktor, seniman-seniman lain serta pesohor yang meninggal di usia 27 tahun – daftarnya bisa ditelusuri sampai akhir abad 19. Buktinya, Tom Petty, rock star kelahiran 20 Oktober 1950, ditemukan tak bernapas di rumahnya pada usia nyaris 67 tahun. Penyebab kematiannya, gagal jantung dan paru-paru akibat keracunan bermacam obat termasuk fentanil, oxycodone, alprazolam, serta obat depresi dan obat tidur yang diresepkan.

Tayangan ini adalah pengantar untuk obrolan yang lebih serius soal topik ini, karena kematian seniman kondang yang kerap dikaitkan dengan konsumsi narkoba masih terjadi sampai sekarang. Teranyar adalah Taylor Hawkins, penggebuk drum Foo Fighters yang kematiannya pada Maret lalu berkaitan dengan konsumsi narkoba. Uji racun di jasadnya menemukan kandungan opioid, benzo, THC, serta obat-obatan antidepresi.

Simak deh obrolan Patri Handoyo dan Tri Irwanda, para pengamat musik amatir kali ini!

Silakan subscribe supaya enggak ketinggalan konten-konten audio-visual terbaru kami dan yang tak kalah penting, sampaikan pengetahuan dan pengalaman kalian seputar topik ini di kotak komentar. Kami sepenuhnya sadar akan keterbatasan wawasan kami atas topik-topik yang kami ulas.

Baca juga:  Indonesia Serba Darurat

Terima kasih banyak atas keterlibatan kalian selama ini di kanal yang bercita-cita supaya tidak ada lagi cap buruk alias stigma terhadap konsumsi narkoba, HIV-AIDS, dan hal-hal yang selama ini mengemban cap buruk di tengah kehidupan bertanah air Indonesia ini!

Tri Irwanda

The author Tri Irwanda

Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.