close
FeaturedKomunitas

Indonesia Butuh Dua Kemenangan untuk ‘Aman’ Masuk Babak Piala HWC 2017

Indonesia-Kalah-oleh-Brazil
Kiper Saiful "Poponk" Azmi menghalau serangan Brazil di laga stage 2. Foto: Djuli Pamungkas

WAKTU BACA: 2 menit

Oslo, Media & Data RC (2/9) – Timnas Indonesia harus memenangkan dua laga berikutnya untuk memimpin Grup A di babak penyisihan ke-2 Homeless World Cup (HWC) 2017 yang berlangsung di Oslo, Norwegia. Jika dua kemenangan itu bisa diperoleh, Timnas Indonesia berhak melengang ke “babak 8 besar” untuk memperebutkan Piala HWC 2017.

Keharusan memenangkan kedua laga tersebut akibat kekalahan Indonesia dari Brasil (1-2) dalam pertandingan yang berlangsung Sabtu (2/9) pk. 12.00 waktu setempat. Ini merupakan kekalahan pertama Timnas Sepak Bola Jalanan Indonesia di ajang HWC 2017 (Timnas HWC 2017).

Sabrun Hanapi, Pelatih Timnas HWC 2017, masih percaya diri kalau tim besutannya akan mampu memenangi dua laga berikutnya, yaitu melawan Denmark dan Belanda. Saat ini, Timnas HWC 2017 baru saja menundukkan Timnas Mesir (5-4).

Sabrun mengaku lebih berkonsentrasi untuk pertandingan lawan Denmark besok. Ia tidak terlalu khawatir dengan pertandingan melawan Belanda. “Kita sudah membaca gaya permainan mereka. Saya tidak terlalu khawatir,” tutur Sabrun.

Saat salah seorang pemain menyatakan kalau timnya harus menang besar di laga-laga tersebut, Sabrun menenangkan, “Nggak perlu menang besar. Yang penting menang aja!”

Dalam laga sehari sebelumnya, Indonesia menekuk Rumania (5-3). Kemenangan tersebut tidak terlepas dari dukungan WNI yang tinggal di Oslo dan sekitarnya yang memang kemarin banyak datang ke arena HWC di City Hall Area ini. Akhir pekan ini pun, WNI yang datang mendukung tim sepak bola jalanan negerinya tak kalah banyak dari kemarin. Bahkan beberapa WNI dari luar kota Oslo pun datang dan menggelar prasmanan Indonesian food.

Makan prasmanan a la Indonesia yang dihidangkan WNI di Oslo Town Hall setelah laga lawan Brazil (Foto: Patri Handoyo)

Sebagai informasi, setelah melalui Stage 1 atau Babak ke-1 HWC 2017 dengan memimpin klasemen Grup A, kini Indonesia berada di Stage 2 atau Babak ke-2 bersama 23 timnas lain yang dibagi menjadi 4 grup. Di babak ini, Indonesia satu grup dengan Rumania (5-3), Brazil (1-2), Mesir (5-4), dan Belanda serta Denmark yang keduanya harus ditundukkan besok, 3 September 2017 kalau Timnas HWC 2017 mau aman sebagai pimpinan grup ini.

Baca juga:  Festival Indonesia Tanpa Stigma 2018

Tim yang meraih peringkat 1 dan 2 dari tiap grup berhak memperebutkan Piala Dunia Homeless (Homeless World Cup – HWC) di Trophy Stage atau Babak Trofi.

Sementara itu, tim yang berada di peringkat 3 dan 4 akan memperebutkan trofi bernama Salvation Army Plate. Sedangkan tim yang menempati peringkat 5 dan 6 di tiap grup pada Babak ke-2 ini berhak memperebutkan trofi atau piala City of Oslo Bowl karena turnamennya diadakan di Oslo, Norwegia. Indonesia pernah memenangkan trofi sejenis pada HWC 2015 di Amsterdam, Belanda dengan menjadi juara Amsterdam Cup.
[AdSense-A]

Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.