close
WhatsApp Image 2022-05-26 at 10.17.54 PM
Gambar Ilustrasi: @abulatbunga

Opium alias candu yang berasal dari getah putih kelopak bunga tanaman Papaver somniferum punya sejarah cukup panjang di Indonesia. Di masa penjajahan Belanda, opium bukanlah barang terlarang untuk dikonsumsi. Opium saat itu adalah komoditas yang cukup menjanjikan secara ekonomi. Ratusan bahkan mungkin ribuan rumah candu terdapat di sejumlah kota, terutama di Pulau Jawa.

Opium memang punya babak sendiri dalam sejarah bangsa Indonesia. Bahkan sejarah menyebutkan uang dari perdagangan candu berkontribusi dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Menteri Keuangan RI dalam Kabinet Hatta I (1948), Alexander Andries Maramis, ditugaskan mencari dana untuk membiayai angkatan perang, menggaji pegawai pemerintah, dan berbagai kebutuhan lain. Candu atau opium saat itu adalah salah satu sumber pendanaan untuk kepentingan negara.

Di episode kali ini, Patri Handoyo dan Tri Irwanda akan membahas soal opium alias candu ini. Bagaimana sejarahnya di Indonesia? Apa yang terjadi setelah candu alias opium dilarang? Simak yuk obrolannya!

https://www.youtube.com/watch?v=kZMzqk2ZiJA

Tags : candufentanilheroinmetadonmorfinopium
Tri Irwanda

The author Tri Irwanda

Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.