close
Isoman

WAKTU BACA: 1 menit

Dalam beberapa pekan terakhir, lonjakan kasus covid-19 terjadi di Indonesia. Temuan kasusnya tidak main-main, bahkan sempat mencapai angka di atas 50 ribu kasus dalam satu hari. Tingkat kematian juga kian mengkhawatirkan.

Yang tidak kalah mencemaskan adalah penuhnya fasilitas kesehatan. Bahkan rumah sakit di banyak tempat dikabarkan kolaps. Mereka kewalahan menampung pasien covid-19 dengan gejala berat. Pemerintah meminta pasien dengan gejala ringan dan tanpa gejala untuk melakukan isolasi mandiri alias isoman. Banyak yang kemudian memang memilih untuk isoman di rumah.

Namun yang menyedihkan, belakangan kita mendengar berita bahwa sebagian yang melakukan isoman meninggal dunia. Lapor Covid-19 bahkan melaporkan, hingga 14 Juli lalu setidaknya 548 orang yang melakukan isoman tutup usia. Apa yang terjadi sesungguhnya? Apa yang harus disiapkan seseorang saat menjalankan isolasi mandiri agar bisa tetap sehat?

Episode kali ini, Tri Irwanda (Rumah Cemara) mengulas soal isolasi mandiri dari sisi medis bersama dr.Ronald Jonathan, M.Sc., DTM&H. Hadir pula Terranova Waksman, seorang pegiat sosial dan seniman. Semoga bermanfaat!

Audiografer: Itong Budi
Videografer: Tri Irwanda
Tags : di rumah sajaisolasi mandiriisoman
Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara