close
Komunitas

Menpora Lepas Keberangkatan Timnas Homeless World Cup 2016

menpora

Media & Data RC, Jakarta (25/6) –  Menpora Imam Nahrawi melepas keberangkatan Timnas Indonesia untuk mengikuti kejuaraan Homeless World Cup (HWC) 2016 yang diselenggarakan di Glasgow, Skotlandia, 10 – 16 Juli mendatang. Selain ke HWC, Rumah Cemara juga mengirimkan tim untuk mengikuti Street Football World Festival U-18 di Lyon, Perancis pada 1 – 7 Juli 2016. Ketua Umum Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI), Hayono Isman dan perwakilan Asosiasi Street Soccer Indonesia turut menghadiri pelepasan timnas yang berlangsung di gedung Kemenpora, Jumat (24/6).

Dalam sambutannya, Hayono Isman menuturkan keberangkatan Timnas Indonesia tidak semata-mata mencari juara. “Timnas ini diharapkan mampu mengatasi berbagai potensi kekerasan yang kini hadir di berbagai belahan dunia. Persahabatan dan perdamaian menjadi misi mereka yang penting,” ujarnya.

Hayono juga mengharapkan, timnas Indonesia untuk HWC mampu mempromosikan street-soccer (sepak bola jalanan) yang akan meramaikan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Indonesia. Melalui semangat Bhineka Tunggal Ika, nilai-nilai olah raga seperti penghormatan, toleransi, dan keberanian dapat dibangun.

Hal serupa diungkapkan Anton M Djajaprawira, Direktur Rumah Cemara. Menurutnya, pembentukan Timnas HWC mengemban misi perubahan sosial. “Kami melibatkan teman-teman yang termarjinalkan, termasuk mereka yang HIV positif, drug users, dan difabel yang ingin berubah”, tuturnya. Ia menambahkan, perubahan itu tidak hanya ditujukan bagi mereka, tapi juga untuk Indonesia yang ditunjukkan pada dunia.

Di hadapan sejumlah wartawan yang menghadiri konferensi pers ini, Menpora Imam Nachrowi mengangkat salah satu piala yang sempat diraih oleh timnas Indonesia selama mengikuti kejuaraan dunia street-soccer itu. Imam mengatakan, “Dalam keterbatasannya, ditinggal, dan tidak dihargai oleh masyarakat, justru mereka berprestasi mengharumkan nama Indonesia. Semangat mereka perlu diapresiasi.”

Timnas Indonesia mengikuti kejuaraan dunia sepak bola jalanan HWC sejak 2011 di Perancis. Prestasi timnas yang dimotori oleh Rumah Cemara ini selalu meraih hasil positif setiap tahunnya. Prestasi terbaik yang pernah diraih adalah dengan menempati posisi keempat dunia pada HWC 2012 di Mexico City.

Konferensi pers ditutup dengan penyerahan simbolik jersey Timnas HWC 2016 oleh Anton dan Imam Nahrawi. Timnas HWC U-18 akan berangkat pada 30 Juni 2016 ke Lyon, Perancis dan tim senior pada 6 Juli 2016 ke Glasgow, Skotlandia.

HWC adalah sebuah kompetisi sepak bola internasional tahunan yang mempersatukan lebih dari 300.000 orang yang punya permasalahan terkait ketunawismaan dan yang termarjinalkan secara sosial agar mereka mendapatkan kesempatan sekali seumur hidupnya untuk mewakili negara serta mengubah kehidupannya. HWC didukung oleh UEFA, dan klub-klub besar dunia seperti Manchester United, Real Madrid, Ambassador Eric Cantona dan pesepak bola internasional seperti Didier Drogba dan Rio Ferdinand.***

Rizky RDP

The author Rizky RDP

Sering menulis dengan tangan kiri, tim rusuh di Rumah Cemara, Tramp Backpacker, passion pada sepak bola dan sejarah. sering berkicau di @Rizky91__

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.