close
siaran-pers-rumah-cemara

WAKTU BACA: 3 menit

Rumah Cemara adalah organisasi komunitas yang memimpikan Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi di mana semua memiliki kesempatan yang sama untuk maju, memperoleh layanan HIV dan layanan perawatan ketagihan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) yang bermutu, serta dilindungi sesuai konstitusi.


Sport for Development Programme merupakan kegiatan program yang digagas Rumah Cemara, yaitu olahraga sebagai media perubahan sosial, mendidik masyarakat mengenai permasalahan HIV-AIDS dan NAPZA, dan meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV-AIDS (ODHA) dan konsumen NAPZA. Program yang sudah berlangsung sejak 2009 ini mencakup sepak bola, futsal, street-soccer, tinju, tenis meja, dan maraton.

Di Indonesia, stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV-AIDS, konsumen NAPZA, dan kelompok marginal lainnya seperti anak jalanan atau waria masih tinggi. Karena merupakan olahraga rakyat, sepak bola dipilih sebagai media agar antara orang kaya, pengidap HIV-AIDS, gelandangan, mahasiswa, konsumen NAPZA ilegal, dan kelompok sasaran pemberdayaan Rumah Cemara lainnya saling berbaur.

Rumah Cemara juga telah menginisiasi liga sepak bola jalanan (street-soccer) dengan tema perubahan. League of Change (LoC) merupakan liga sepak bola jalanan yang khusus ditujukan bagi kelompok marginal untuk mendemonstrasikan keadilan sosial bersepak bola bagi seluruh rakyat Indonesia sejak 2013.

Perubahan juga ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat agar tercipta Indonesia tanpa stigma yang menjadi mimpi atau visi Rumah Cemara.

Baca juga:  Ketersediaan Obat ARV Terancam

Tahun ini, Rumah Cemara masuk sebagai salah satu nominasi dari program Cityzens Giving Manchester City. Cityzens Giving adalah program sosial, sedekah (charity) global yang diinisiasi oleh City Football Foundation, merupakan yayasan yang menaungi kegiatan sosial dari Manchester City, Melbourne City FC dan New York City FC. Tujuannya adalah memberdayakan anak muda melalui kegiatan latihan sepak bola untuk dampak sosial.

2016 merupakan tahun ketiga mereka melaksanakan program tersebut. Sejauh ini sudah lebih dari 16.000 anak dan pemimpin muda di 9 kota di dunia yang dijangkau Cityzens Giving.

Dirancang untuk dikerjakan oleh anak muda dan untuk diterapkan kepada anak muda, Cityzens Giving mengalokasikan dana sebesar £400,000 untuk 6 kota di dunia. Dana yang nantinya didapat oleh Rumah Cemara akan digunakan untuk memberdayakan anak jalanan di Kota Bandung terkait penanggulangan HIV-AIDS dan ketergantungan NAPZA melalui proyek bernama Football for Change.

Dana sebesar £400,000 akan diperebutkan oleh 6 organisasi, yaitu di kota Melbourne–Australia, Manchester–Inggris, New York–Amerika Serikat, Beijing–Tiongkok, Mexico City–Meksiko, dan Bandung–Indonesia. Aktivitas di kota-kota tersebut bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan sosial seperti anak jalanan, penyandang cacat, pengangguran, dan kekerasan melalui sepak bola.

Besaran dana yang diperoleh akan ditentukan oleh jumlah pemungutan suara (voting) yang didapat oleh setiap organisasi. Proses voting sendiri telah berjalan sejak 16 November 2016 dan akan berakhir pada 24 Desember 2016 mendatang. Semakin banyak pemilih, semakin besar dana yang didapat (masksimum £100.000).

Baca juga:  Ombudsman dan Sederet Tugasnya

Sejak 2015, sudah ada 12 proyek yang didukung Cityzens Giving. Football for Change adalah proyek yang tahun ini masuk sebagai salah satu nominasi dalam pemungutan suara Cityzens Giving.

Ferran Soriano, Chief Executive Officer Manchester City mengatakan, “Program Cityzens Giving tahun ini adalah yang ketiga, tujuannya sebagai pemberdayaan anak muda melalui bahasa universal bernama sepak bola. Kami sangat bangga dapat mendukung anak muda di beberapa organisasi di dunia untuk melakukan kegiatan inspiratif bagi komunitas mereka. Kami sangat senang juga banyak penggemar kami yang berpartisipasi untuk memilih.”

Untuk mendukung proyek Rumah Cemara, masyarakat bisa memilih melalui situs jejaring www.cityzensgiving.org/manchester, klik gambar berjudul “Substance Abuse, Bandung, Indonesia”, lalu masukan data diri, nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email, kemudian klik tombol bertuliskan vote.

Narahubung:
Rijki Kurniawan
Koordinator Sport for Development Rumah Cemara
085624803301 – 082219351181
[email protected]

Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.