close
WhatsApp Image 2022-05-27 at 10.37.42 PM
Gambar Ilustrasi: @abulatbunga

Heroin atau yang di sini dikenal sebagai putau, berasal dari tanaman bunga poppy. Putau tergolong narkoba yang berasal dari tanaman. Putau alias heroin ini punya nama generik diacetylmorphine.

Heroin adalah narkoba dengan tingkat toleransi tertinggi di antara narkoba populer lain seperti kokaina, alkohol, apalagi ganja. Tingkat toleransi maksudnya, tubuh membutuhkan jumlah narkoba yang lebih banyak untuk mencapai efek serupa seperti saat konsumsi sebelumnya.

Sejumlah masalah kerap dihadapi pengguna putau di Indonesia, mulai dari masalah hukum hingga yang fatal, kematian akibat overdosis. Gimanapun, mereka mendapat barangnya dari pasar gelap yang tidak jelas kualitasnya. Di luar itu, ada produk yang memang tersedia secara resmi yakni metadon dan fentanyl. Namun keduanya sintetis.

Di episode kali ini, Patri Handoyo dan Tri Irwanda membahas perjalanan panjang soal heroin ini. Bagaimana sejarahnya dan apa saja yang penting diketahui dari heroin alias putau ini? Simak tayangannya!

Tags : fentanilheroinmetadonputau
Tri Irwanda

The author Tri Irwanda

Praktisi komunikasi. Mulai menekuni isu HIV dan AIDS ketika bekerja di KPA Provinsi Jawa Barat. Punya kebiasaan mendengarkan lagu The Who, “Baba O’Riley”, saat memulai hari dengan secangkir kopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.