close
WhatsApp Image 2021-09-20 at 15.10.15
Gambar Ilustrasi: @abulatbunga

WAKTU BACA: 1 menit

Upaya mengatasi ketagihan narkoba punya banyak sudut pandang. Sebagian menilainya bisa disembuhkan. Artinya, seorang yang ketagihan bisa berhenti total pakai narkoba. Dia dinyatakan sembuh karena sama sekali tidak konsumsi narkoba lagi.

Sudut pandang lain menyatakan, ketagihan narkoba merupakan sebuah penyakit kronis kambuhan. Artinya, suatu waktu bisa kambuh lagi layaknya penyakit kronis (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berjangkit terus dalam waktu yang lama; menahun [tentang penyakit yang tidak sembuh-sembuh]) lain seperti diabetes atau asma. Karena itu, seorang pecandu hanya bisa mengalami pemulihan alias recovery. Ini sudut pandang medis seperti yang diyakini sebagian ahli jiwa.

Patri Handoyo dan Tri Irwanda kali ini membahas sejumlah aspek soal adiksi, mulai dari pemahaman dasar hingga bagaimana efektivitas program rehabilitasi. Mereka berbincang dengan ahlinya, dr. Benny Ardjil, seorang psikiater yang telah lama menekuni seluk beluk pemulihan ketagihan narkoba. Pada 2005-2010, ia menjabat sebagai Kepala Pusat Terapi dan Rehabilitasi BNN. Selain itu, turut bergabung dalam episode ini, Fadilan Abdul Kayong, konsultan program rehabilitasi ketagihan narkoba di Singapura dan Indonesia.

Audiografer: Ahmad Budi Santoso
Videografer: Prima Prakasa
Tags : adiksiberhenti totalkambuhankronisnarkobapemulihanrecoverysembuh
Redaksi

The author Redaksi

Tim pengelola media dan data Rumah Cemara

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.